Yamaha RX-135 (juga dikenal dengan nama RX-K, RX-King atau RX Concorde
di Wilayah Asia Tenggara), khusus di Indonesia disebut RX-K (1981-1982)
dan RX-King (1983-2009) adalah sepeda motor dengan mesin dua-tak yang
diproduksi oleh Yamaha sejak 1981-an.
Yamaha RX-135
dirilis di Indonesia dengan nama RX-K pada tahun 1981 dan 1982.
Sedangkan di India diperkenalkan pada tahun 1990-an. Ada dua versi yang
dijual - empat kecepatan dan lima kecepatan. Selain perbedaan dalam
transmisi, terdapat pula perbedaan dalam jenis karburator, sprockets,
silinder dan head silinder. Selanjutnya Pada tahun berikutnya, yaitu
mulai tahun 1983, RX-K berganti nama menjadi RX-King.
Yamaha RX-K |
RX-135 sebagaimana RX-100 pada awalnya diperkenalkan sebagai RXG dengan
kapasitas mesin yang sama tetapi dengan banyak perubahan dengan
bottom-end gearing (rasio primer), sprocket dan desain silinder. Mesin
ini menghasilkan 14 tenaga kuda (10 kW).
Di Indonesia sebelum RX-K
adalah RX-125 yang hanya diproduksi tahun 1980. Sejak tahun 1983, meskipun
di STNK/BPKB tertulis RX K, namun penamaan RX-King jelas ada di emblem
pada bagian bodi motor RX-King.
RX-King mulai dipasarkan tahun 1983 sampai dengan 2006, kemudian selanjutnya 2006/2007-2009 dipasarkan dengan nama New RX-King.
Yamaha RX 125 |
RX-King mulai dipasarkan tahun 1983 sampai dengan 2006, kemudian selanjutnya 2006/2007-2009 dipasarkan dengan nama New RX-King.
RX-100 (1977-1980) --> RX-S (1980-1982) --> RX-Special (1983-1988).
RX-100 (1977-1980) --> RX-125 (1980) --> RX-K (1981-1982) --> RX-King (1983-2009)
Empat Generasi Yamaha RX-King
Yamaha RX-King merupakan salah satu legenda motor sport 2 Tak Yamaha
yang paling sukses. Pernah booming antara tahun 80-an hingga 90-an akhir.
Selain larinya yang cukup kencang, bodi RX-King saat itu dianggap
mewakili jiwa muda, keren dan gagah. Sempat mendapat julukan motor
jambret karena saking cepat dan gaharnya mesin RX-King, sehingga RX-King
sering digunakan sebagai motor pelaku tindak kejahatan.
Yamaha RX-King sebagai Legenda Sport 2 Tak, maka kita sepakati saja menjadi empat generasi RX-King, yaitu:
- Yamaha RX-King Cobra, yaitu rakitan tahun 1982-1995, karena "dianggap" Yamaha RX-King Cobra memiliki tangki lebih lebar, padahal setahu saya kalau lihat brosurnya, nama "Cobra" mulai dikenalkan pada produksi tahun 1988/1989.
- Berikutnya, Yamaha RX-King Master yang marak beredar dari tahun perakitan 1995 akhir hingga 2000. pada produk tahun 1995-1997 sempat menggunakan teknologi YCLS (Yamaha Computerized Lubrication System). karena teknologi menggunakan listrik dari aki maka tahun 1998 sudah tidak digunakan lagi karena dianggap terlalu beresiko.
- Generasi ketiga tahun 2001/2002 sampai 2006, merupakan versi Facelift, yang punya ubahan kental pada headlamp berbentuk oval. Selain lampu depan oval, versi ini juga telah dilengkapi kaliper depan 2 piston.
- Terakhir adalah Yamaha New RX-King yang berevolusi pada bentuk headlamp bulat dan knalpot dilengkapi dengan catalytic converter. Tahunnya dari 2006/2007 sampai 2009.
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Yamaha RX-King Cobra (1982-1995)
Yamaha RX-King tidak serta merta langsung hadir di Indonesia, tetapi
melalui proses survey dan riset mulai dari Sumatera, Jawa dan beberapa
daerah lainnya. Dari riset yang dilakukan oleh Motoaki Hyodo, Chikao
Kimata, dan Nobuo Aoshima, diperoleh hasil bahwa mayoritas masyarakat
Indonesia menginginkan motor sport yang gagah, irit, namun mempunyai
kecepatan kekuatan mesin yang luar biasa. Dan akhirnya terciptalah
Yamaha RX-King.
Yamaha RX-King pertama kali hadir di
Indonesia tahun 1982 (namun resmi dipasarkan di Indonesia mulai tahun
1983), merupakan penyempurnaan dari Yamaha RX K, dengan penambahan YEIS
(Yamaha Energy Induction System) yang membuat RX-King lebih irit bahan
bakar sekitar 15 persen. Selain itu Yamaha Computerized Lubrication
System membuat RX-King semakin bertenaga hingga 5000 RPM.
Yamaha RX-King Master (1995-2000)
Penyebutan RX-King Master di masyarakat lebih kepada pembaruan dari
RX-King Cobra sebelumnya. RX-King yang beredar di tahun perakitan 1995
akhir hingga 2000 ini memang mulai kental dengan "produk Indonesia". Yang
lebih kentara adalah pada produk tahun 1995-1997 yang sempat menggunakan
teknologi YCLS (Yamaha Computerized Lubrication System).
Sayangnya
karena teknologi ini menggunakan sistem listrik dari aki maka tahun 1998
sudah tidak digunakan lagi karena dianggap terlalu beresiko, maklum
banyak pengguna RX-King yang kurang memperhatikan perangkat penyimpanan
tenaga listrik di aki.
Yamaha RX King 1996 |
Yamaha RX-King Facelift (2001/2002-2006)
Secara spesifikasi, RX-King mempunyai mesin 2 langkah berkapasitas 132
cc dan berpendingin udara. Perbandingan kompresinya 6,9 : 1, dengan
diameter silinder 58,0 mm dan stroke/langkah sepanjang 50 mm. Transmisi
memiliki 5 percepatan dengan dibantu kopling manual basah dengan
multiplat. Dan pengatur bahan bakar menggunakan Mikuni VM26. Untuk
pengapian RX-King sudah menggunakan CDI. Dengan dapur pacu seperti ini
Yamaha RX-King mempunyai tenaga maksimum 18,5 PS/9.000 RPM dan torsi
puncak 1.54 KGF.M/8.000 RPM.
Yamaha RX King 2002 |
Panjang Yamaha RX-King 1970
mm, lebar 735 mm, dan tinggi 1065 mm sedangkan jarak sumbu roda mencapai
1245 mm. Menggunakan rangka Double Cradle, dengan kapasitas tangki
mencapai 9,5 Liter. Berat kosong RX-King cukup ringan untuk motor sport
hanya 100 kg. sok depan menggunakan garpu teleskopik dan belakang double
sokbreaker untuk menopang swing arm. Yamaha RX-King ini menggunakan
roda berdiameter 18 inch, dengan dibekap ban ukuran 2.75-18-4 PR untuk
depan dan 3.00-18-4 PR untuk roda belakang. Untuk rem menggunakan cakram
dengan caliper 2 piston, sedangkan rem belakang masih menggunakan rem
tromol.
Yamaha New RX-King (2006/2007-2009)
RX-King yang berevolusi pada bentuk headlamp bulat dan knalpot
dilengkapi dengan catalytic converter. Sayangnya Yamaha menghentikan
produksi Yamaha New RX-King pada Februari 2009. Dan Yamaha mengklaim
Yamaha Scorpio adalah penerus dari Yamaha RX-King meskipun banyak
perbedaan yang cukup kontras.
Beberapa Fakta tentang RX-King:
1. Type motor Yamaha RX-King hanya ada di Indonesia;
2. RX-King resmi dipasarkan di Indonesia tahun 1983;
3. Awal dikirimnya RX-King ke Indonesia sebenarnya bukan tahun 1983,
namun 1982. Hanya memang resmi di pasarkannya tahun 1983. RX-King produk
1982 kebanyakan "diturunkan" di wilayah Sumatera, misal Aceh dan Medan.
Meski pengesahan suratnya di tahun 1983;
4. Mulai tahun
1982 dari negara Jepang RX-King mulai diproduksi dan dikirim ke
Indonesia dalam bentuk CKD (dipeti dalam bentuk pisahan) untuk dirakit
di Indonesia;
5. Meski tertulis di BPKB/STNK adalah RXK
135C namun emblem dari pabrik pada RX-King adalah jelas bahwa ini adalah
RX-King. (King=Raja);
6. New RX-King produk awalnya
bukan benar-benar di tahun 2007, namun di kuartal akhir tahun 2006 sudah
dimunculkan, meski "kebanyakan" beredar di tahun 2007. Kalau tidak salah,
penjualan RX-King di tahun 2006 benar-benar anjlok, makanya langsung digelar
produk New RX-King. Dan kita bisa lihat sedikit sekali RX-King produk
tahun 2006, paling-paling listnya saja yang berkeliaran;
7. Kini di
tahun setelah RX-King berhenti produksi dan dipasarkan di tahun 2009,
maka edisi Tahun 2009 menjadi terbilang sangat mahal harga sekennya,
Tahun 2003 SE, Tahun 2002 (Gold), juga dengan produk tahun 2004 juga
banyak yang cari, sebagai awal dari warna biru di RX-King.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Spesifikasi RX-King (1983-2006)
MESIN
Tipe Mesin : 2 Langkah, Air Cooled
Diameter x Langkah : 58,0 x 50,0 mm
Volume Silinder : 132 cc
Perbandingan Kompresi : 6,9 : 1
Kopling : Manual, Basah, Multiplat
Susunan Silinder : Satu/Miring
Gigi Transmisi : 5 Kecepatan
Pola Pengoperasian Gigi : 1-N-2-3-4-5
Karburator : VM 26 x 1 MIKUNI
Kapasitas Oli Samping : 1 Liter
Baterai : GM 3-3B/12,3
Busi : BP 8HS-10
Sistem Pengapian : CDI
Sistem Pelumas : Autolube
SUSPENSI/BAN
Suspensi Depan : Teleskopik
Suspensi Belakang : Swing Arm
Ukuran Ban Depan : 2.75-18-4 PR
Ukuran Ban Belakang : 3.00-18-4 PR
DIMENSI
Panjang x Lebar x Tinggi: 1.970 mm x 735 mm x 1.065 mm
Jarak Sumbu Roda: 1.245 mm
Tinggi Tempat Duduk: 770 mm
Jarak Terendah ke Tanah: 160 mm
Kapasitas Tangki Bahan Bakar: 9,5 Liter
Berat Kosong: 100 kg
CHASSIS
Tipe Rangka : Double Cradle
PERFORMA
Dimensi PxLxT : 1970 x 735 x 1065 mm
Sistem Starter : Kick
Daya Maksimum : 18,5 PS/9.000 RPM
Torsi Maksimum : 1.54 KGF.M/8.000 RPM
SISTEM PENGEREMAN
Rem Depan : Cakram Double Piston
Rem Belakang : Tromol
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Spesifikasi New RX-King (2006/2007-2009)
MESIN
Tipe Mesin: 2 Langkah, Berpendingin Udara
Diameter x Langkah: 58,0 x 50,0 mm
Volume Silinder: 132 CC
Perbandingan Kompresi: 6,9 : 1
Daya Maksimum: 18,5 PS/9.000 rpm
Torsi Maksimum: 1,54 kgf.m/8.000 rpm
Kapasitas Oli Mesin: Penggantian Berkala 1 liter
Kopling Otomatis: Manual, Basah, Multiplate
Sistem Starter: Kick Starter
Gigi Transmisi: 5 Kecepatan
Pola Pengoperasian Gigi: 1 - N- 2 – 3 – 4 – 5
Karburator: Vm 26 x 1 Mikuni
Kapasitas Oli Samping: 1 Liter
Sistem Pelumas: Autolube
Sistem Kontrol Emisi: AIS (Air Induction System)
DIMENSI
Panjang x Lebar x Tinggi: 1.970 mm x 735 mm x 1.065 mm
Jarak Sumbu Roda: 1.245 mm
Tinggi Tempat Duduk: 770 mm
Jarak Terendah ke Tanah: 160 mm
Kapasitas Tangki Bahan Bakar: 9,5 Liter
Berat Kosong: 100 kg
RANGKA
Tipe Rangka : Double Cradle
Suspensi Depan: Teleskopik
Suspensi Belakang: Lengan Ayun dengan Shockbreaker Ganda Adjustable
Rem Depan: Cakram Tunggal , dengan Piston Ganda
Rem Belakang: Tromol
Ban Depan: 2,75 – 18 4 PR
Ban Belakang: 3,00 – 18 4 PR
Velg: Spoke Wheel (SW)
KELISTRIKAN
Battery: Gm 3-3B/12,3
Busi / Spark Plug: BP 8HS-10
________________________________________________________________________________
Yamaha RX-100 dikatakan sebagai cikal bakal (leluhur) Yamaha RX-K/King.
Spesifikasi:
Mesin:
2-stroke, 1 silinder
Diameter x langkah: 52 x 45.6 mm
Kapasitas mesin (volume silinder): 97 cc
Rasio kompresi: 10.1 : 1
Max. power: 11,5 hp (8.4 kw) @ 7500 rpm
Max. torsi: 0.9 kgf-m @ 6500 rpm
Pendingin: udara
Karburator: VM20 Mikuni
Pelumasan: Autolube
Pengapian: platina
Transmisi:
4-speed, constant mesh
Kopling: manual, multiplat, manual
Top speed: 110 kpj
Starter: kickDimensi:
Rangka:
double cradle
Panjang x lebar x tinggi: 1800 x 640 x 420 mm
Jarak sumbu roda: 1000 mm
Tinggi jok: 750 mm
Berat: 98 kg
Tangki bbm: 10,5 liter
Kapasitas olie mesin: 0,65 liter
Suspensi:
- depan: teleskopik
- belakang: swing arm. double shockbreaker
Ban:
- depan : 2.50/18" - 4PR
- belakang : 2.75/18" - 4 PR
Rem
- Depan: Cakram Tunggal , dengan Piston Ganda
- Belakang: Tromol.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar